9 Tren Teknologi 2012

Fujitsu memaparkan 12 perspektif yang akan menjadi tren dan mengubah teknologi informasi sepanjang 2012.

“Teknologi mobile, layanan Cloud, dan media sosial akan mendatangkan perubahan. Tren-tren itu akan mengubah cara bisnis masyarakat,” kata Presiden Direktur Fujitsu Indonesia Achmad Sofwandi Jakarta.

Sembilan tren tersebut :
1. Real-time insight
Masuknya berbagai perangkat digital ke dalam kehidupan manusia akan memberikan banyak informasi berbasis data berkecepatan tinggi. Hal itu memicu inovasi-inovasi bisnis berdasarkan Internet seperti pelayanan berbasis Internet dan pembentukan komunitas di Internet.

“Nantinya delivery pizza? bukan saja lewat ponsel, tapi juga Internet,” katanya.

2. Bisnis tanpa batas
Layanan Cloud memungkinkan pengguna membangun dan mengoperasikan sendiri usahanya berbasis Internet seperti berjualan di Internet sehingga batasan-batasan dalam bisnis tradisional akan hilang seperti kebutuhan akan pasar, lokasi, organisasi dan bahasa. Semua transaksi akan berdasarkan Cloud sepertu melalui akun email, jejaring sosial dan laman lainnya.

“Banyak perusahaan teknologi yang menawarkan utilitas Cloud seperti ketersediaan hardware, software dan aplikasi,” katanya.

3. Manusia di atas segalanyaSelanjutnya
Sistem komputasi dan perangkat teknologi lebih tertuju kepada kepentingan dan kemaslahatan umat manusia seperti lahirnya sensor komputer yang bisa mendeteksi kadar gula melalui cairan pembuangan kandung kemih.

4. Informasi lebih utama daripada teknologi
Data informasi menduduki posisi lebih penting dari pada perangkat teknologi itu sendiri. Informasi dapat meningkatkan kinerja bisnis dan kualitas hidup. Semakin banyak informasi yang didapat, maka akan semakin tepat keputusan yang diambil. “Perusahaan yang memanfaatkan berbagai informasi akan terus hidup sedangkan yang tidak akan tenggelam,” katanya.

5. Semua perangkat akan terkoneksi
Saat ini ada sekitar empat miliar peranti yang terhubung ke Internet dan jumlah itu akan terus meningkat hingga 15 miliar pada 2015 dan 20 miliar pada 2020. Kemampuan koneksi bukan lagi monopoli komputer, tetapi semua mesin seperti vending machine, meteran parkir bahkan tempat sampah akan mampu memancarkan informasi tentang status lingkungan di sekitarnya baik secara pasif, responsif bahkan secara otonom.
“Akhirnya, manusia akan bergantung kepada informasi-informasi yang dihasilkan perangkat-perangkat tersebut. Saat ini orang kurang membutuhkan peta karena sudah ada GPS,” katanya.

6. Pilihan : satu untuk semua ukuran
Perusahaan harus melakukan banyak inovasi dengan memberikan banyak pilihan layanan kepada pelanggan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan sehingga perusahaan lebih fleksibel.

7. Social working
Perusahaan terus melakukan eksperimen dengan media jejaring sosial untuk terus menemukan inovasi atau solusi sebelum kompetitor mendahuluinya karena jejaring media sosial adalah penghubung yang tepat kepada pelanggan.
Tantangannya, media sosial sulit diprediksi dan dikendalikan karena masing-masing pelanggan memiliki keinginan dan kepentingan yang berbeda-beda.

8. Kekuatan komunitas
Crowding Out Web tidak hanya menyediakan akses informasi. Web juga mampu menghubungkan jutaan, bahkan miliaran orang. Crowdsourcing akan menyediakan berbagai manfaat sumber daya manusia yang berlimpah

9. Mobilitas setiap manusia akan saling terhubung dan mobile.
Komputer PC dan aplikasi PC akan kurang terpakai karena munculnya banyak perangkat-perangkat baru.

(dari berbagai sumber)

This entry was posted in Teknologi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s